Banten Ku "Hangatnya Kawah di Gunung Pulosari"

Dalam sumber wikipedia disebutkan "Gunung Pulosari adalah gunung berapi di Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Walaupun tidak ada data letusan yang pernah terjadi, tapi terdapat aktivitas fumarol yang terjadi di dinding kaldera dengan kedalaman 300 meter.
Menurut Sajarah Banten, sesampai di Banten GirangSunan Gunung Jati dan puteranya, Hasanuddin, mengunjungi Gunung Pulosari yang saat itu merupakan tempat kramat bagi kerajaan. Di sana, Gunung Jati menjadi pemimpin agama masyarakat setempat, yang masuk Islam. Baru setelah itu Gunung Jati menaklukkan Banteng Girang secara militer. Kemudian dia menjadi raja dengan restu raja Demak. Dengan kata lain, Gunung Jati bukan mendirikan kerajaan baru, tapi merebut tahta dari kerajaan yang sudah ada, yaitu Banten Girang[1].
Di Museum Nasional Indonesia di Jakarta terdapat sejumlah arca yang disebut "arca Caringin" karena pernah menjadi hiasan kebun asisten-resisten Belanda di tempat tersebut. Arca tersebut dilaporkan ditemukan di Cipanas, dekat kawah Gunung Pulosari, dan terdiri dari satu dasar patung dan 5 arca berupa Shiwa Mahadewa, DurgaBatara GuruGanesha dan Brahma. Coraknya mirip corak patung Jawa Tengah dari awal abad ke-10.
Diperkirakan Gunung Pulosari adalah tempat kramat Kerajaan Sunda, yang pernah ada antara tahun 932 dan 1030 di bagian utara provinsi Banten sekarang."
Sekarang sudah saatnya saya berbagi foto-foto ketika mendaki Gunung Pulo Sari. Alhamdulillah saya sudah kurang lebih 4 kali mendaki kesana. Karena tak pernah bosan untuk menikmati indah dan hangatnya kawah disana. Selama lima kali pendakian saya hanya baru 1 kali mencapai puncak. Pada saat itu saya mendaki bersama teman-teman SDN SIngarajan.
Ada 4 hal yang harus dikunjungi ketika ke PuloSari
1. Parkiran bawah
2. Curug Putri
3. Kawah
4. Puncak
Pendakian pertama bersama "KOMALAS" :

Pendakian kedua bersama "Anak-anak Greenschool dan Komunitas Teater dari Jawilan plus Mang Said " :



Pendakian Ketiga bersama "Teman-teman dari Dulunya kelas duabelas IPA 1" :


















Pendakian keempat bersama "Teman-teman SDN SIngarajan" :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Peninggalan Kesultanan Banten di Masjid Pangeran Aria Singarajan

Rice Cooker Rusak Karena Menggoreng

Kode C++ "Matriks dan File Eksternal"