Jejak Peninggalan Kesultanan Banten di Masjid Pangeran Aria Singarajan

Jepretan Kang Andry Ciruas
 

Salah satu masjid yang menjadi sejarah jejak peninggalan kesultanan Banten di kecamatan Pontang adalah Masjid Agung Baetut Taqwa. Jarak tempuh dari pusat ibu kota Propinsi Banten ke arah timur sekitar 26 Km. Bangunan Masjid ini memiliki luas tanah dan pekarangan serta kuburan 5.000 meter persegi ( 1000 x 50 m) masjid ini didirikan oleh salah seorang keturunan sultan Banten yang bergelar Pangeran Aria Singaraja. Pada masa zaman pemerintahan Sultan Muhamad Rafiuddin (1809-1813 M ). Atap masjid ini terbentuk undakan atau bentuk susun diatasnya terdapat hiasan yang disebut dengan “mustaka”. Mihrab masjid ini mempunyai ukuran tinggi sekitar dua meter, lebar satu meter, mihrab masjid ini sejak pertama kali dibangun sampai sekarang tidak mengaami perubahan kecuali bagian lantainya yang semula ubin diganti dengan tegel. Mimbar masjid Aria Singaraja secara fisik telah mengalami perubahan total sejak tahun 1983, yaitu dari semulanya terbuat dari bahan kayu diubah menjadi tembok permanen, tetapi unsur-unsur tertentu tetap sama (Sumber : Dispora Banten 2011).

Menurut cerita versi lain yang disampaikan oleh KH Busthomi (Ketua DKM), Masjid Agung Baetut Taqwa telah berdiri sejak pertengahan abad ke 16 pada zaman Kesulthanan Maulana Muhamad putra Sulthan Maulana Yusuf dari putra Sulthan Maulana Hasanudin yakni sekitar tahun 1650 an M. Berdiri di atas tanah seluas ±1798,65 m2, termasuk makam, sampai saat ini Masjid Agung Baetut Taqwa masih berdiri kokoh serta dilengkapi fasilitas sebuah menara dengan ketinggian ±26 M. Di era modern ini untuk menjawab tantangan zaman serta perkembangan dinamika penduduk dan lingkungan di sekitar masjid.

Untuk melengkapi khazanah perkembangan informasi mengenai masjid ini saya sampaikan beberapa link yang dapat Anda kunjungi :

Makalah Masjid Pangeran Aria Singarajan

Penelitian Ilmiah Keuangan Masjid dan Modal Usaha : Kearifan Filantropi di Masjid Agung Baetut Taqwa Singarajan

Blog Tetangga, Masjid Singarajan : Kesan Syiar Islam Pangeran

Terimakasih sudah membaca postingan ini.
Jangan lupa donasi untuk pembangunan Aula Seba Guna Masjid Agung Baetut Taqwa Singarajan

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rice Cooker Rusak Karena Menggoreng

Kode C++ "5 Menu Array dijamin Puas"