Rice Cooker Rusak Karena Menggoreng

Perbaiki Rice Cooker Sendiri

Apakah Anda pernah menggoreng sesuatu di Rice Cooker? 

Terus ketika menggoreng ternyata tombolnya otomatis pindah ke warm dan pastinya kurang panas kan?

Solusinya "Pasti kalian akan berfikir untuk mengganjel bagian tombolnya supaya tombol tetap menjadi cooking." Benarkan  ?

Tetapi apa yang akan terjadi selanjutnya ? 

Dugaan saya pasti benar, walaupun tombol tidak berubah ke arah warm tetapi lampu akan menunjukan ke warna yang menandakan rice cooker sedang warm. Selanjutnya perlahan-lahan lampu akan redup hingga menjadi padam dan rice cooker ternyata sudah tidak berfungsi ( mati ).

Mengapa saya bisa menanyakan dan menjawab hal itu ? Karena saya juga pernah mengalami hal tersebut.

Terus bagaimana ? Apakah kita harus mengganti rice cooker baru ?.

Anda jangan panik apa bila pernah mengalami hal itu dan sekarang  ingin mencari solusi dan membetulkannya. Jadi Anda tidak usah membeli rice cooker yang baru. Karena saat itu saya juga merasa panik, tetapi karena saya penasaran kemudian saya bongkar bagian bawah rice cooker dan saya perikasa ternyata tidak ada yang konslet atau terbakar bagian kabelnya. Pokoknya tidak ada yang rusak di bagian manapun. Akhirnya saya merasa kebingungan dan mencari permasalahan itu di google. Kesimpulannya ketika saya membaca berbagai artikel di google hanya ada dua hal yang menyebabkan rice cooker itu tidak berfungsi, pertama thermofuse yang sudah rusak, kedua bagian magnetik yang sudah rusak. Tetapi saya lebih menduga bahwa yang rusak adalah bagian thermofuse nya. Karena  thermofuse/thermal fuse/ thermostat adalah alat pemutus arus listrik atau bisa juga disebut sekering yang bekerja ketika telah mencapai suhu tertentu. Kerika rice cooker di ganjal pada bagian tombolnya, otomatis suhu yang di hasilkan akan melebihi batas kemampuan rice cooker untuk menahannya. Sehingga thermofuse akan memutus arus listrik dan rice cooker menjadi mati. Thermofuse merupakan komponen elektronik yang sekali pakai jadi solusinya hanya dengan mengganti thermofuse yang baru. Berikut dibawah ini saya jelaskan cara mengganti thermofuse pada ri e cooker.
1. Anda buka bagian bawah rice cooker.



2. Cari letak thermofuse, biasanya thermofuse dibungkus oleh pelapis seperti kain.

3. Lepas thermofuse lama dengan yang baru. Harga thermofuse jika dintoko online sekitar Rp. 1500 , tetapi ketika saya beli ditoko harganya Rp. 4000.

4. Pasang thermofuse yang baru seperti thermofuse yang lama. Jangan di solder, tetapi harus dijepit.
5. Jangan lupa pasang juga pembungkusnya.

6. Tutup kembali bagian bawah rice cooker dan Alhamdulillah rice cooker sudah berfungsi normal.




Terimakasih sudah membaca postingan saya. Semoga bermanfaat dan berkah. Allahumma aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jejak Peninggalan Kesultanan Banten di Masjid Pangeran Aria Singarajan

Kode C++ "5 Menu Array dijamin Puas"